Hubungi kami,
BP2KP & Tourist Information Center


Jl. W.R. Supratman No. 1 Pekalongan

+62285-4151574

Rapat Koordinasi Persiapan Pekan Batik Nusantara

18-10-2018 04:50:47

Rapat Koordinasi persiapan Pekan Batik Nusantara bertempat di Dapur Bulan Jl. Kusuma Bangsa, yang dihadiri oleh Panitia yaitu Duta Wisata, Staf Dinparbudpora, Ibu Bulan selaku pemilik Batik Bulan, Edy Wan selaku pemilik batik Larissa, Nur Slamet B.Spi.,M.Si selaku Kepala Bidang Pariwisata Dinparbudpora Kota Pekalongan,  serta Bapak Susilo (Disperindag) menyampaikan susunan Rundown Acara Pekan Batik Nusantara yang akan diadakan pada 20-24 Oktober 2018.

Dalam rangka mempromosikan batik ke mancanegara dan meningkatkan pemasaran batik secara global sekaligus memperingati Hari Batik Nasional ke-9, Pemerintah Kota Pekalongan akan menggelar kembali Pekan Batik Nusantara 2018. Pekan Batik tahun ini akan mempromosikan dan mempublikasikan “Pesona Batik Peranakan” kepada masyarakat pencinta dan penggemar batik Indonesia baik dalam dan luar negeri. Kegiatan ini juga sebagai ajang promosi dan pemasaran batik bagi daerah-daerah penghasil batik Indonesia. Kota Pekalongan sebagai tuan rumah siap menyambut kedatangan tamu-tamu mancanegara dan masyarakat Indonesia pencinta dan penggemar batik. Pekan Batik Nusantara 2018 rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh Menteri Perdagangan beserta rombongan Pejabat Negara, Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia. Pejabat BUMN dan Swasta serta masyarakat Pecinta Batik dalam dan luar negeri.

Selanjutnya Ibu Bulan selaku pemilik Batik Bulan menyampaikan mengapa Pekan Batik Nusantara Pada tahun ini mengambil tema Pesona Batik Peranakan Wujud Akulturasi Budaya karena di Indonesia Peranakan yang berkulturasi dengan masyarakat Pribumi antara lain Etnis Tionghoa, Arab, Belanda dan India. Kegiatan Perdagangan yang mempengaruhi tradisi dan budaya batik Indonesia di perkirakan mulai terjadi sejak tahun 1800 an hingga 1900 an. Cita rasa khas lokal berbaur dengan pendatang maka batik melahirkan pula istilah Batik Peranakan.